Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Persepsi guru terhadap penerapan konsep calistung (baca, tulis, hitung) di TK Ar-Raudhah Desa Kace Timur Kec. Mendo Barat dan TPA Ceria SPNF SKB Kota Pangkalpinang Kelurahan Tua Tunu, Kec. Gerunggang

Riswan, Riswan (2022) Persepsi guru terhadap penerapan konsep calistung (baca, tulis, hitung) di TK Ar-Raudhah Desa Kace Timur Kec. Mendo Barat dan TPA Ceria SPNF SKB Kota Pangkalpinang Kelurahan Tua Tunu, Kec. Gerunggang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1812051.pdf] Text
Halaman Awal_1812051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (889kB)
[thumbnail of BAB I_1812051.pdf] Text
BAB I_1812051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1812051.pdf] Text
BAB II_1812051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1812051.pdf] Text
BAB III_1812051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1812051.pdf] Text
BAB IV_1812051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1812051.pdf] Text
BAB V_1812051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1812051.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1812051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Penerapan calistung (baca, tulis dan hitung) masih menjadi pro dan kontra masih banyak anggapan calistung tidak boleh diterapkan dan ada juga beranggapan boleh diterapkan. Pembelajaran calistung merupakan komponen penting yang harus dikuasai oleh anak. Proses pembelajaran calistung harus berdasarkan prinsip belajar anak usia dini yaitu bermain sambil belajar. Oleh karena itu, dalam pembelajaran calistung tidak dapat diberikan secara langsung. Berdasarkan hal tersebut, maka pembelajaran calistung beberapa tahapan dengan menggunakan metode yang tepat dan didukung dengan media sesuai dengan pembelajaran anak.

Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diambil dari data primer dan data sekunder, teknik penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data yang diperoleh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: persepsi guru terhadap penerapan konsep calistung (baca, tulis dan hitung) di TK Ar-raudhah Desa Kace Timur Kec. Mendo Barat dan TPA Ceria SPNF SKB Kota Pangkalpinang Kelurahan Tua Tunu, Kec. Gerunggang. bahwa calistung boleh diterapkan pada anak usia dini dengan menggunakan metode yang benar serta penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran. Cara guru menerapkan calistung melalui media puzzle angka, media puzzle huruf, media balok, dan kancing baju serta dengan metode yang sering digunakan antara lain dengan metode bermain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: persepsi guru; konsep calistung
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Riswan Riswan
Date Deposited: 19 May 2023 08:03
Last Modified: 19 May 2023 08:03
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item
View Item