Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pesantren di pulau Bangka: Historis, kelembagaan dan relevansi sosial

Hasan, Subri (2023) Pesantren di pulau Bangka: Historis, kelembagaan dan relevansi sosial. Idea Press Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-623-484-071-1 (In Press)

[thumbnail of Buku Pesantren.pdf] Text
Buku Pesantren.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Buku ini menginformasikan tentang dinamika historis pondok pesantren di provinsi kepulauan Bangka Belitung dalam bidang kelembagaan, kemudian dalam bidang sistem pendidikan dan dalam bidang relevansi social. Secara gamblang bahwa dinamika historis pondok pesantren di pulau Bangka provinsi kepulauan Bangka Belitung berawal dari proses pendidikan dan pengajaran dalam bentuk lembaga pendidikan Islam tradisional berupa lembaga informal. Kemudian membentuk lembaga secara nonformal. lalu kemudian terbentuklah madrasah/pondok pesantren secara formal.
Pesantren di provinsi kepulauan Bangka Belitung sangat menarik jika dilihat dari aspek historisnya. Karena berbeda pada lazimnya seperti pesantren-pesantren yang ada di daerah lainnya. Selain itu, panggilan seorang kyai masih “asing” di telinga masyarakat tradisional Bangka. Lalu pula jika dilihat dari aspek sistem pendidikan dan relevansi sosialnya sangat khas dan unik. Melalui buku ini dengan analisis akademisnya, kiranya cukup memberi pengetahuan tentang beberapa pemasalahan tersebut. Dan akan lebih lengkap lagi jika dibaca, ditelaah dan menjadi pendamping disaat meneguk secangkir kopi disela-sela waktu santai. Demikian semoga bermanfaat.

Item Type: Book
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.7 Dakwah dan Perkembangan Islam
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Karya Dosen
Depositing User: Subri Hasan
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:05
Last Modified: 06 Sep 2023 01:59
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item
View Item