Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Memahami karakteristik peserta didik dalam proses pembelajaran

Janawi, Janawi (2019) Memahami karakteristik peserta didik dalam proses pembelajaran. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 6 (2): 2. pp. 68-79. ISSN 2614-5812

[thumbnail of artikel kemahami karkteristik, jurnal tarbawi Sinta5 .pdf] Text
artikel kemahami karkteristik, jurnal tarbawi Sinta5 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (536kB)
[thumbnail of 1236] Text
1236 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (33kB)

Abstract

Tulisan ini mencoba mengelaborasi kemampuan tenaga pendidik memahami karakteristik peserta didik dengan optimalisasi pencapaian proses pembelajaran. Pada tataran implementatif, keberhasilan proses pembelajaran tentu berhubungan dengan kemampuan tenaga pendidik dalam memahami subyek didik yang memiliki perbedaan, baik dimensi fisik maupun non fisik. Bahkan dalam proses pembelajaran, memahami karakteristik anak menjadi barometer kesuksesan proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena tenaga pendidik merupakan ujung tombak pelaksanaan pembelajaran. Untuk memahami anak, pendidik perlu menggunakan segala informasi baik informasi yang bersumber dari internal maupun eksternak anak. Informasiinformasi tersebut dapat berhubungan dengan faktor latar belakang anak seperti faktor sosial budaya anak. Faktor-faktor ini penting dipahami untuk mengoptimalkan pola hubungan dan interaksi antara tenaga pendidik dengan peserta didik. Di samping itu, karakteristik peserta didik terkait dengan beberapa elemen penting seperti aspek intelektual, aspek fisik, emosional, dan moral. Kesemua aspek tersebut penting diperhatikan bahwasanya perbedaan zaman akan menentukan perbedaan perlakuan. Perbedaan perlakuan semakin dituntut seiring dengan perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi.

Item Type: Article
Keywords: Guru; Karakterisstik anak; Peserta didik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Karya Dosen
Depositing User: Janawi Janawi
Date Deposited: 24 Jan 2023 05:24
Last Modified: 24 Jan 2023 05:24
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/109

Actions (login required)

View Item
View Item